Top Social

#Review : Suckseed (2011) Persahatan, Cinta & Musik Rock

Tuesday, April 26, 2011
Suckseed :
Perjalanan tentang persahabatan, cinta dan musik rock

Film yang bergenre komedi romantis kini sedang gencar-gencarnya di garap di negeri yang terkenal dengan Gajah putih, alias Thailand. Suckseed salah satunya. Film arahan sutradara Chayanop Boonprakob bercerita tentang sekumpulan anak muda yang membentuk group musik beraliran rock, yang selalu 'suck' karena kalah dalam berbagai sisi dengan group band favorite sekolah mereka. tapi mereka tak pernah putus asa selama mereka bersama demi mimpi menjadi band terbaik.

Film tentang persahabatan, cinta yang diselingi dengan aliran musik rock ini di bintangi oleh bintang-bintang muda Thailand, seperti Jirayu Laongmanee yang berperan sebagai Ped, aktris cantik Nattacha Nauljam yang berperan sebagai Ern, lalu Pachara Chitathivat berperan sebagai Koong serta Thawat Pornattanaprasert sebagai Ex.

Ped, seorang siswa yang selalu ngerasa jadi looser selama hidupnya, bahkan sejak ia duduk di sekolah dasar karena gak bisa menyampaikan perasaan terpendamnya terhadap salah satu murid perempuan di kelasnya, Ern, sampai cewek itu pindah ke Bangkok.

Sejak kecil ia bersahabat dengan Koong, yang nasibnya pun tak jauh berbeda. Ketika mereka menginjak bangku SMA, mereka memutuskan untuk membuat sebuah band rock, dengan cita-cita awal ingin di gilai cewek-cewek yang selalu histeris ketika menonton aksi anak-anak band dan sekaligus ingin menyaingi saudara kembarnya, Kay yang bermain gitar di band sekolah dan memiliki banyak pengagum.

Dengan merekrut Ex, si jago basket untuk menjadi drummer mereka, mereka membentuk band bernama "Suckseed". Tapi di tengah cerita, mereka bertemu lagi dengan Ern, si gadis yang pernah di taksir Ped ketika SD dulu, yang ternyata jago banget main gitar. Lalu Koong merekrut Ern untuk bergabung di band mereka, dan ikut dalam kompetisi Hot Wave Music Award. Kompetisi itu juga di ikuti band-band dari sekolah lain, dan tentunya band Arena, band milik Kay dkk. Dengan bergabungnya Ern dalam group mereka, Koong merasa percaya diri untuk bisa mengalahkan Kay dalam kompetisi itu.



Ternyata perjalanan bermusik mereka melibatkan cinta segitiga dan persahabatan antara Ped, Koong dan Ern. Di saat yang sama baik Ped dan Koong, sama-sama menyukai Ern.

Gimana yaa cerita selanjutnya? Apa Ern bisa memilih antara Koong atau Ped, tanpa merusak persahabatan keduanya? Terus, gimana juga dengan perjalanan band mereka, dan mimpi-mimpi untuk menjadi band terbaik? Hmm, mending nonton aja filmnya. di tayangin di Blitzmegaplex kok (gak bermaksud untuk promo bioskop, cuma info aja, karena di bioskop lain, film ini gak ada).
Aku udah nonton banyak film bertema persahabatan dan cinta bertebaran antara Indonesia, Hollywood bahkan dari Jepang. Tapi film yang satu ini jelas bisa di bandingkan dengan semua film-film yang udah aku tonton. Kesan pertama? Lucu banget. Kamu bisa ikutan ngakak dari awal film sampe akhir. Film yang berdurasi 125 menit ini awalnya terasa lama, tapi kamu bakal kebawa seru sama gimana si sutradara nyeritain isi film dengan gaya yang super kocak.

Namanya juga film beraliran musik rock, kamu bakal di suguhin dengan musik-musik rock Thailand dan beberapa rock band terkenal Thailand yang wara-wiri di beberapa scene di film ini. Jangan berpikiran jelek dulu, mikir film ini bakal keras atau norak. Jauh banget dari kesan itu. Malahan kocak. Aku dan penonton satu studio gak berhenti ngakak lepas nonton ini. Si sutradara beneran tau gimana cara ngelucu dengan gaya elegan dan gak norak. Walaupun beberapa adegan terkesan lebay, tapi lebay nya lebay keren kok. Dan sukses di bikin lucu. Di tambah lagi menurutku film ini banyak memasukkan unsur komik. Nah kalau kamu sering baca komik, pasti bisa ngebayangin adegan kocak di komik berpindah ke layar lebar.

Selain masuknya unsur komik ke film ini, ada juga unsur munculnya penyanyi-penyanyi rock sebagai cameo di film ini dalam beberapa adegan. seperti ketika Ped patah hati, lalu muncul salah satu vokalis dari band-band rock terkenal yang ikut menyumbangkan lagu mereka. mereka bernyayi sesuai dengan kondisi mood dalam cerita, lalu hilang ketika lagu habis. awalnya unsur ini terkesan lebay, tapi ternyata cukup unik, apalagi ini terbilang baru..

Jujur saja, aku memang belum banyak menonton film Thailand, tapi setelah film ini, mungkin akan lebih sering nonton film komedi romantis semacamnya. Ada yang mau kasih rekomendasi? Oh ya, unsur komedi yang di sajikan di dalam film ini mungkin terkesan lebay. Tapi mereka bisa mengubahnya menjadi terlihat natural dan sukses mengocok perut. Walaupun terbilang lama, dan mungkin ada beberapa orang akan bosan dengan film ini karena durasinya, tapi coba lihat tingkah konyol Ped, Koong dan Ex yang di warnai dengan cameo bernyanyi dan juga backsound yang menemani sepanjang film ini. Di jamin kamu bakal tergelak juga.

*buat yang cewek, selamat menikmati wajah imut Ped. aku dan sepupu cewekku juga ikutan senyum-senyum geli ngeliat tingkah konyolnya Ped dan Koong. Tapi Ped emang unyuuu banget!! :p

So, sudah kah kamu punya rencana akhir pekan ini? kalau belum, ayo ajak sepupumu, saudara, temen-temen segeng atau keluarga sekalian nonton film bertemakan persahabatan, cinta yang di balut manis oleh lagu-lagu rock yang kental terasa di film ini. Kalau aku bilang sih, film ini worth it banget buat di tonton lebih dari sekali, dan kalau bisa di beli DVD nya sekalian. Yang asli yaa.. :D

Selamat menonton!!

Walaupun official trailernya dalam bahasa Thailand, semoga tertarik untuk nonton... di jamin gak nyesel kok nonton film ini. Aku malah pengin nonton lagi, sayangnya di sini (Malaysia) malah gak keluar.. :(

Auto Post Signature

Auto Post  Signature