Top Social

A to Z : Bogor

Thursday, July 25, 2013

Menulis dan dapat berbagi informasi adalah 2 hal yang sama serunya, semoga dapat menginspirasi siapapun yang baca. Kali ini titlenya A to Z Fun Fact. Sounds fun enough? I hope so.

Nah untuk yang pertama ini, saya mau mulai gak jauh-jauh. Dari kota saya sendiri, Bogor.. Nah, mau tau A to Z Fun Fact soal Bogor? Baca terus yaa...

A to Z about Bogor ...
A - Angkot is everywhere! Kota ini dijuluki kota angkot, saking banyaknya jumlah angkot yang beredar di kota sekecil Bogor.
B - Buitenzorg adalah nama Bogor sebelumnya. Hari jadi Bogor di peringati setiap tanggal 3 Juni. Tanggal 3 Juni 1482 adalah hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai Raja dari kerajaan Pajajaran. Buitenzorg sendiri berarti tanpa kecemasan atau aman tentram.
C - Yang suka air terjun, Bogor punya Curug Nangka dan Curug Luhur nih di daerah Gunung Bunder, Ciapus.
D - Suka coklat? Ada nih tempat yang cocok buat kamu pecinta coklat! Bogor punya DBC (Death by Chocolate - makan coklat sampe mampus), letaknya di belakang taman kencana. Serunya lagi, setiap malem jam setengah 8 atau jam 8an, biasanya akan berkeliaran 'setan-setan' untuk menakuti dan menggoda para pengunjung. Hiiii...
E - Buat yang mau cari oleh-oleh dari arab atau barang-barang dari Arab tapi gak mau jauh-jauh kesana? Mampir nih ke Empang. Dikenal juga sebagai kampung arabnya Bogor, nyedian banyak barang-barang berbau Arab dan Islam. Aneh jamin, Halal!
F - F itu kode depan nomor polisi kendaraan bermotor daerah Bogor.
G - Di tahun 1745, Gubernur Jendral Gustaaf Willem baron van Imhoff membangun Istana Bogor yang bersamaan dengan pembangunan jalan raya Daendels yang menghubungkan antara Batavia (sekarang Jakarta) dengan Bogor.
H - Disebut juga kota Hujan, karena punya curah hujan lebih tinggi dari kota lain.
I - IPB (Institut Pertanian Bogor) berdiri sejak awal abad ke 20. Sekarang ini IPB sudah punya beberapa kampus yang tersebar di kota Bogor. Kalau dulu semuanya berpusat di Baranangsiang, sekarang sudah pecah. Kampus Baranangsiang hanya untuk pascasarjana, lalu ada kampus Lodaya untuk D3 dan kampus Dramaga untuk program S1 nya.
J - Nah yang mau berenang atau main bowling, Bogor juga punya nih arena yang seru. Namanya The Jungle! Gak hanya kolam renang dengan arena permainan yang bervariasi, arena The Jungle yang mengambil tempat di komplek perumahan BNR (Bogor Nirwana Residence) juga punya tempat main bowling lho. Yang suka foto-foto, banyak spot oke nih buat jepret sana jepret sini.
K - Ciri khas kota Bogor? Apalagi kalau bukan tugu Kujang di Baranangsiang.
L - Luas kota Bogor kini adalah 118,50 km2 (persegi), saat dulu hanya sekitar 21,56 km2 (persegi).
M - Bingung mau cari oleh-oleh apa buat orang rumah, cobain aja Maccaroni Panggang di taman kencana. Lokasi yang strategis di tengah kota Bogor dan dikelilingi pepohonan rindang, bikin lokasi ini enak banget nih buat ngumpul-ngumpul sama teman atau berwisata kuliner bersama keluarga. Pilihan menunya banyak kok, jadi jangan khawatir untuk ngerasa bosan. Interior bangunan nya yang terkesan old school, bikin betah lama-lama disini.
N -
O - Jalan Otto Iskandardinata, pasar Bogor, sebagai sentra kerajinan tangan dan cinderamata.
P - Nemuin pura Bali gak perlu jauh-jauh ke Bali, di Bogor juga ada nih. Udah pernah ke Pura Parahyangan Agung Jagatkartta di sekitaran gunung Bunder belum? Katanya Pura Agung ini, candi Hindu terbesar di luar pulau Bali setelah pura Besakih. Coba deh ke sana, pemandangan sekitar lumayan banget, ditambah angin yang semilir karena letaknya di atas gunung.
Q -
R - Tahu gak, rusa yang terdapat di pekarangan Istana Bogor pertama kali di datangkan dari negeri India. Setelah populasinya berlebihan karena berkembang biak, lalu di salurkan ke beberapa kebun binatang se indonesia.
S - Sentul International Circuit! Siapa sih yang gak kenal sama circuit yang letaknya di daerah Bogor ini? Okay, walaupun kamu belum pernah kesana, paling tidak mendengarnya saja sudah kan? Nah selain circuit itu, Sentul juga punya yang objek wisata baru. Ah Poong. Pernah kesana? Yang belum, boleh lho di search, letaknya di belakang mesjid Tazkia Sentul. Gak cuma nyediain food court, Ah Poong juga punya pasar apung. Yep, pasar kayak di Thailand juga bisa hadir di Bogor. Seru kan kalau kita bisa belanja hasil bumi di atas perahu?
T - Tajur adalah salah satu tujuan lokasi bagi wisatawan domestik yang datang dari luar kota, biasanya untuk membeli tas. Sebagai kota transit yang sering dilewati orang yang berkendara dari kota ke kota, Bogor menawarkan
U - UMR Kota dan Kabupaten Bogor untuk tahun 2013 adalah Rp 2.002.000,-
V - Bakery Venus yang awalnya terletak di dekat pasar Sukasari ini punya produk andalan, apalagi kalau bukan Roti Unyil yang terkenal itu. Sekarang sih gak perlu bermacet-macet ke daerah Sukasari, karena udah di buka cabang di jalan Pajajaran, sebelah Ekalokasari Plaza, dan banyak di toko-toko roti lain yang jual si roti imut sekali lahap ini. Yang mampir ke Bogor, gak lengkap nih rasanya pulang tanpa camilan yang satu ini!
W -
X -
Y -
Z - Museum Zoologi di Bogor terletak disambing pintu masuk Kebun Raya Bogor, di depan pasar Bogor, didirikan pada tahun 1894 dengan nama Museum Zoologicum Bogoriensis.
Nah, kira-kira ada yang mau ngisi barisan-barisan yang masih kosong gak? Boleh lho ditulis di bawah :D

Auto Post Signature

Auto Post  Signature