Top Social

Online Dating Website Trends part 2 : OkCupid, Tinder & Setipe.com

Friday, April 17, 2015
 Like i told you before, my small review about Online Dating Website isn't end yet. Here comes the second and the last part. If you haven't read about the first part yet, please click here for Online Dating Website part 1 . 

Di bagian ini saya mau mereview 3 Online Dating Website, yaitu : OkCupid, Tinder and Setipe.com 

Kalau kamu penasaran, yang mana nih yang cocok untukmu? Menurut saya, setiap Online dating website yang akan saya bahas punya karakter yang berbeda-beda. Nah bagaimana cara mereka menjodohkan member mereka, dan kira-kira siapa saja yang ikut bermain di sini? Nah better you stick around with me now. So, how about we start from OkCupid, shall we? 

Di website yang satu ini, Saya melihat mereka menggunakan berapa banyak persentase nilai dari personality kamu dengan calon pasanganmu. Maka dari itu, sesaat setelah signed up, kamu akan diberikan beberapa macam kategori pertanyaan (kalau di total jumlahnya lumayan banyak, serasa mengisi soalan psikotest) tentang dirimu, dan personality diri kamu, yang nantinya oleh mesin akan digunakan untuk menyilangkan dengan calon pasanganmu (di sebut 'match), dan seberapa banyak kalian memiliki kesamaan. Biasanya mereka akan memasangkan kamu dengan member yang memiliki 60-80% kesamaan jawaban. Nah, sementara untuk angka yang lebih rendah, akan disebut 'enemy'.

Sebagai contoh, pada bagian 'Quick Match', kamu melihat seorang pria (kalau kamu wanita, atau kalau kamu pria yg mencari pria. Don't worry, I wont judge) dengan 75% match, 20% enemy. Artinya, orang ini memiliki lebih banyak hal yang sama denganmu, daripada hal yang bertentangan. Saat angka 'enemy' lebih besar dari pada 'match', berarti orang ini punya banyak hal yang kemungkinan tidak kamu sukai. Tapi, secara kamu tidak tahu sama sekali mengenai orang tersebut, angka enemy dan match hanyalah basic informasi di awal, dari kemungkinan apakah kamu akan menyukai dia atau tidak. Bukan harga mati. Chill! Dia mendapatkan angka tersebut karena dia menjawab pertanyaan sebelumnya. Tapi, sepanjang yang saya tahu, gak semua orang menggapnya serius. Bagaimana saya bisa tahu? Karena angka enemy dan match mereka kalau di jumlahkan, jarang sekali mencapai angka 100%. It take times to answer the whole questions, you know. 

Pada kolom Quickmatch, kamu akan mendapatkan beragam pilihan dan itu akan muncul dengan foto, persentase match dan enemy, umur mereka dan lokasi mereka. OkCupid has terms, it won't reveal each other names, unless both of you liked each other and ready to start chatting. Kalau kamu suka si dia (sebatas penilaian 3 detik), kamu bisa swipe ke kanan, atau ke kiri kalau kamu tidak tertarik. Beberapa orang biasaya tidak memasang foto selfie, tapi dengan beberapa orang di sekitar mereka, ini akan membuatmu bingung, karena penasaran siapa sebenarnya pemilik dari akun tersebut. My advice, tap the screen right on their picture, hopefully they post more than 1 picture. 

By the way, this OkCupid site is totally free. Kamu bisa mengunduhnya di smartphone mu, kalau kamu terlalu malas untuk duduk di depan komputer seharian penuh, hanya untuk menemukan calon pacar/kenalan baru. You still can do your hunting while you rest on bed, talk with your friends or doing your thing in bathroom. Just don't get too wet, because not all phone are waterproof. 

Seperti yang saya bilang, website yang satu ini memang free, sampai kamu punya rasa penasaran yang terlalu tinggi untuk dibendung saat kamu menemukan seseorang di Quickmatch tapi kamu belum sempat swipe kanan atau melihat mereka. Ada satu feature yang disebut A-List. Feature ini akan memberikan kamu akses lebih & beberapa kelebihan lain yang akan kamu dapatkan layaknya artis A-list atau VVIP. Kalau kamu anggap tahap ini cukup penting, dan fasilitas free tidak cukup, kamu bisa coba fitur ini. Tapi seperti pada fitur berbayar lainnya, fitur ini akan membebankanmu sejumlah harga setiap bulan, tergantung paket mana yang kamu pilih. Tapi kelebihkannya benar-benar menarik lho. Have fun while you hunting!
First page before you register or log in as new member. Open OkCupid.com for more information. 


                       
 
As for Tinder, its way more simple. Kamu bisa sign in menggunakan Facebook, kelebihannya adalah fitur ini akan memberikan kamu akses untuk melihat siapa mutual friends kalian melalui jejaring Facebook. Untuk profil mu, kamu bisa memberikan sedikit informasi lebih tentang kamu. Kebanyakan orang yang saya lihat, mereka tidak melakukan itu. Biasanya hanya nama dan umur. Beberapa dari mereka mencantumkan akun media sosial juga, seperti Twitter, Instagram dan website. Untuk foto, kamu hanya bisa mengupload foto yang sudah kamu upload sebelumnya pada akun Facebook miliku (maksimal 6 foto). Pada Discovery Preference, kamu bisa men-set jarak yang kamu inginkan (seberapa jauh jangkauan pencarian mu), Age (seberapa muda-tua calon pasanganmu nanti. Kalau saya memasang di angka 24 - 29 tahun) dan Show (yang ini adalah pilihan mu untuk dilihat hanya oleh wanita, pria atau keduanya. Once again, I won't judge). Mudah kan?


Caranya bekerja, kurang lebih sama dengan OkCupid, kalau kamu suka sila swipe kanan, atau kiri kalau tidak tertarik. Ketika kamu berdua sudah swipe kanan, namanya akan muncul pada fitur message (pada kanan atas. Yes on that conversation bubble. Once there a new message, if will be a small red dot, blinking). So, what are you waiting for, you might find the new people around your area… 

Terakhir! Setipe.com adalah online dating website baru buatan anak bangsa, truly Indonesian. Saya rasa besarnya populasi para lajang, membuat 5 orang pendirinya terpikir untuk menjadikan ini sebagai ajang cari jodoh dan bisnis. 

Setipe punya banyak kesamaan dengan OkCupid. Saya lihat mereka juga menggunakan cara yang mirip untuk 'menjodohkan' member mereka. Orang-orang di Setipe menggabungkan antara ilmu psikologi dengan teknologi. Saya sempat membaca artikel mengenai mereka di sebuah surat kabar, mereka menggunakan tehnik alogaritma. Setipe akan memberikan test psikologi, beberapa jenis tema pertanyaan mengenai dirimu sendiri, apa yang kamu suka dan tidak suka, pilihan mu mengenai beberapa sikap, personality dating profil mu dan apa yang member cari dari calon pasangan mereka kelak. Setelah itu, Setipe akan merekomendasikan membernya yang memiliki kesamaan hal, kriteria, jawaban, berdasarkan hitungan alogaritma. Menurut Setipe, dengan cara ini, kita bisa mengurangi angka resiko bertemu dengan orang yang salah pada pertemuan pertama (atau kedua), dan lebih fokus pada jenjang hubungan selanjutnya.

Sejauh ini, saya belum pernah bertemu siapa-siapa yang saya kenal dari Setipe. Sementara dari OkCupid dan Tinder sudah beberapa kali, dan bahkan sampai menjadi teman baik, walaupun belum tepat untuk menjadi pasangan. Salah satu alasannya klasik, saya tidak selalu ada di depan laptop/komputer setiap waktu. Biasanya hanya karena pekerjaan. Tapi tentunya, saya tidak leluasa untuk membuka website seperti itu di jam kerja bukan? Jadi lebih mudah kalau Setipe punya aplikasi di smartphone seperti Tinder dan OkCupid. Things easier when they get mobile, am I right? 

Saat saya bermain OkCupid dan Tinder, saya sering menemukan orang-orang asing (WNA), entah mereka turis ataupun bekerja di Indonesia. Tapi pada Setipe, kamu menemukan orang-orang asli Indonesia, jarang sekali orang asingnya. Jadi kalau kamu mencari tipe yang blesteran, mungkin kamu bisa cari di Tinder atau OkCupid. Tapi pastikan kamu sering cek email atau sign in, karena mereka belum go mobile. 


Satu hal sebelum yang terakhir, saya mau kalian berhati-hati setiap memberikan nomor penting pada orang asing, atau bermain di social media seperti ini. Kamu kan tidak tahu banyak tentang orang asing ini. Saya gak mau nakutin kamu, tapi sudah banyak kejahatan internet dan berkedok melalui sosial media. Just be careful guys. 

Now lastly, I would say, have fun on your hunting to find the right match. Jangan terlalu banyak menaruh harapan, kalau kamu tidah menemukan si dia yang sesuai dengan yang kamu inginkan, ingat ini, semua akan indah pada waktunya. Hope you find your right one!

You can read my article about the previous part here :  Online Dating Website Trends part 1 : Plus Minus & Do Don'ts.

Thank you for stick with me, see you on the next post!

Love you all,
XO - Fienna N

Auto Post Signature

Auto Post  Signature