Top Social

#Review : Yeh Jawaani Hai Dewaani (2013)

Saturday, July 18, 2015
Setelah sekian lama gak bikin movie #Review, akhirnya saya balik lagi. Masih seputar Bollywood. Kenapa Bollywood? Hm karena review Korean dan Western pasti sudah bertebaran, jadi saya memilih yang satu ini. Lagi pula saya suka film-filmnya kok. Kita mulai yuk..

Apa yang akan kamu temukan di film ini?
Persahabatan?
Cinta?
Petualangan?
Keluarga?

Nah, kalau kamu mau itu semua, berarti kamu wajib nih nonton film Yeh Jawaani Hai Deewani (yang berarti 'This Youth is Crazy' dalam bahasa Inggris) ini yang release tahun 2013 lalu. Belum terlalu lama kok, tapi jelas masih asik banget untuk disimak, terutama buat para penggemar Ranbir Kapoor seperti saya. Hehe. Film yang mendapat peringkat box office ini juga diperankan oleh Deepika Padukone sebagai main actress.

Film ini dimulai dengan adegan hantaran undangan pernikahan ke beberapa tempat. Salah satunya ke seorang gadis, yang ketika ia membukanya, ia teringat pada sebuah kenangan 8 tahun lalu.

"Sometimes the smallest of things, triggers memories so stranger and so beautiful that leave us speechless. Memories are a funny thing. The small pieces of our past. They are always safe in our memories. Memories are like chocolate boxes, once open you can't stop at just one." - Naina Talwar

Meet Naina Talwar. Dia adalah mahasiswi jurusan kedokteran yang pemalu dan nerdy. Menghabiskan waktunya untuk belajar dan patuh pada orang tua. Hampir tidak pernah bersenang-senang ataupun melakukan hal spontan untuk hidupnya sendiri. Suatu hari ia bertemu dengan seorang teman lama di sebuah supermarket saat berbelanja dengan ibunya. Aditi, seorang cewek tomboy dan mahasiswa jurusan seni. Cewek itu bercerita kalau mereka akan berlibur dan mendaki pegunungan Manali bersama dua orang teman, Avi dan Kabir "Bunny" Thapar. 

Bunny aka Kabir Thapar, adalah mahasiswa jurusan jurnalis, selalu bermimpi untuk menjelajah dan keliling dunia. Dia tidak berencana settle down ataupun menikah. For Bunny, marriage is like eating boiled food for 50 years till you die. Life's gotta have The basic concept of marriage is flawed. Better to never get married than do it 5-6 times.

Perjalanan ke pegunungan Manali membuat Naina menjadi dekat dengan ketiganya, terutama Bunny. Perjalanan itu pun membuat Bunny mengajarkan Naina untuk bisa lebih bersenang-senang, tertawa lebih, dan yang lebih penting adalah untuk belajar mencintai. Sementara itu Bunny dan Naina sadar melihat perasaan Aditi pada Avi yang jealous ketika cowok itu selalu flirting pada cewek-cewek lain, tapi keduanya tidak membahasnya. Disaat yang sama, Naina mulai merasakan sesuatu untuk Bunny.


"Just stop feeling bad about yourself and start loving who you are. You're fine, just be who you are." - Bunny
Kata-kata itu membuat Naina berubah, lebih membuka diri dan belajar untuk lebih mencintai hidupnya. Ketika trip mereka hampir berakhir, Naina nyaris saja bilang pada Bunny tentang perasaannya, tapi terganggu oleh Avi yang menemukan surat penerimaan beasiswa Jurnalis dari Northwestern University di Chicago milik Bunny. Bunny bilang ini adalah trip terakhirnya sebelum meninggalkan India untuk pergi ke Chicago. Teman-temannya sedih, tapi tetap mendukung keputusan Bunny. Sampai trip itu berakhir, Naina tidak mengungkapkan perasaannya pada Bunny. Setelah trip berakhir, Bunny menghilang seperti kedipan mata, 8 tahun lamanya dan Naina tidak pernah sekalipun menunggunya.


The laughter, the madness, the friendships, these memories. 
Bunny.  

Filmnya selesai? Gimana endingnya? Kok cuma segitu aja? Tenang, filmnya belum selesai kok, kita baru setengah jalan. Lanjut yuk.. 

8 tahun berlalu, 4 sahabat ini sudah melalui banyak perubahan. Bunny, si tampan dan charming ini sudah menjadi jurnalis travelling profesional, kehidupannya yang sering berpindah-pindah dari kota satu ke negara lain. Avi, sudah menjadi seorang pengusaha yang sering gagal karena kebiasaan judi dan minum-minum, tapi masih punya mimpi untuk memiliki bar minuman keras. Naina, sudah menjadi seorang dokter dan bekerja di sebuah klinik. Sementara Aditi, sebentar lagi akan menikah dengan Taran seorang engineer. Berkenalan dari hasil perjodohan. Padahal Aditi yang dulu adalah seorang yang tidak mau menikah karena dijodohkan. 

Mereka berempat bertemu lagi dalam rangkaian prosesi pernikahan Aditi. Terus gimana nih kelanjutan perasaan Naina? Apa Bunny juga punya perasaan yang sama, atau dia memilih untuk tetap berkeliling dunia dan enggan menetap? Nah kayaknya kamu perlu banget nih nonton sendiri film yang satu ini. Dijamin gak nyesel. 



Seperti film India yang lain, menari saat menyanyi memang gak mungkin terlupakan. Ada beberapa lagu yang bisa kamu dengar, salah satunya Dilli Wali Girlfriend (dinyanyikan saat acara battle dance antara pihak pengantin laki-laki dan pengantin perempuan) yang menampilkan Bunny dan Naina ngedance bareng. Atau Badtameez Dil, saat Aditi's & Taran Rehearsal Dinner yang dibawakan apik oleh Bunny yang datang sebagai kejutan. 

Pernikahan dalam budaya India terlihat lebih seru ya dibanding yang di Indonesia, walaupun kita menang dalam hal jumlah tamu yang diundang. Tapi untuk susunan acara, India jelas lebih banyak. Pernikahan di India berlangsung 3-4 hari, meliputi ritual sebelum menikah, resepsi pernikahan, dan riatual setelah menikah. Sebelum menikah pun akan ada acara menari dan menyanyi seperti yang sering kita lihat dalam film Bollywood. Pernikahan di India identik dengan suasana yang ceria dan ramai karena menampilkan berbagai warna dari pakaian, perhiasan sampai ke pernak-pernik pernikahannya. 

Uniknya film India menurut saya karena mereka menampilkan keseharian, budaya dan kebersamaan di setiap adegan. Makanya gak pernah bosen untuk dinikmati. Gak hanya tarian dan nyanyian. Well, kamu juga bisa melihat aktor-aktor muda yang berbakat dan menarik mata. Film ini adalah salah satunya. Tunggu sampai beberapa quote dalam film ikut masuk ke benak kita.. 

Saya bisa jamin sih kalian akan menyukai film ini juga seperti saya.
Lagu-lagu yang asik di film ini : 
  • Badtameez Dil - Benny Dayal 
  • Balam Pichikari - Vishal Dadlani  
  • Ilahi - Ajrit Singh
  • Kabira - Rekha Bhardwaj
  • Diliwali Girlfriend - Sunidhi Chauhan
  • Subhanallah - Shilpa Rao
  • Ghagra 
Semua lagu di atas bisa kamu temuin di iTunes atau toko musik lainnya. Nah untuk liburan kali ini yang belum ada rencana, bisa nih dicari filmnya, ditonton bareng orang tersayang. Gak hanya soal percintaan dan persahabatan, tentang keluarga dan petualangan pun ada di film ini. Lengkap deh! 
Jadi, selamat menonton. dan selamat liburan semua.. 

See you in the next post! 
XO - Fienna N

Auto Post Signature

Auto Post  Signature