Top Social

5+ Tips Agar THR Tak Cepat Habis

Friday, July 01, 2016


THR atau yang biasa kita kenal dengan tunjangan hari raya adalah sesuatu yang ditunggu, baik bagi mereka yang sudah bekerja maupun anak-anak. Untuk yang sudah bekerja, thr turun biasanya 2 hingga 1 minggu sebelum lebaran Idul Fitri. THR untuk anak-anak sampai mereka yang belum bekerja dijadikan tradisi yang masih dilakukan saat berkunjung ke tempat saudara saat lebaran, walaupun sebenarnya tidak ada keharusan.

Untuk mereka yang bekerja, nilai tunjangan hari raya biasanya sebesar 1 bulan gaji, lumayan untuk menambah porsi belanja kebutuhan yang biasanya meningkat drastis menjelang lebaran. Bukan hanya untuk tiket mudik, tapi juga biasanya harga bahan pokok naik dan diskon di mall bisa sangat menggiurkan.  Ada beberapa tips untuk kita yang mau menghemat pengeluaran dan membuat uang tunjangan hari raya tidak cepat habis. Berikut tips-tipsnya

Rencanakan Penggunaannya
Jauh sebelum kamu mendapatkan uang THR, rencanakan kembali penggunaannya. Terdengar simple memang, karena THR itu mirip seperti bonus akhir tahun, dimana kamu bisa sedikit lebih leluasa menggunakannya. Tapi bila kamu tahu persis apa dan tujuan penggunaanya, kamu akan lebih leluasa mengatur pengeluaran. Sehingga saat lebaran usai, kamu masih cukup punya uang sisa.

Tabung Setengahnya
Perlakukan uang THR selayaknya saat kamu menerima gaji, jangan lupa untuk tabung setengahnya, atau paling tidak 25% nya. Ini penting untuk mencegah kamu kehabisan uang tanpa sadar saat lebaran usai, atau menambah pundi tabunganmu. Sebaiknya pergunakan hanya sebagian saja. 

Manfaatkan potongan harga/diskon/gratisan 
Gak usah malu untuk memanfaatkan potongan harga/diskon di merchant-merchant tertentu. Ini bisa membantu kamu menghemat pengeluaran. Tapi kamu tetap harus menjadi smart shoppers. Ingat, diskon 50% + 25% + 5% itu tidak sama dengan diskon 80%.. Itu hanya salah satu trik marketing.
Cara lainnya agar pengeluaran tidak terlalu membengkak saat menuju hari raya, adalah kamu bisa memanfaatkan potongan harga yang diberikan oleh merchant seperti provider telepon, potongan dari kartu kredit, atau potongan besar dari online shop. Awas kalap!


Kebutuhan atau keinginan?
Pikirkan kembali barang yang akan kamu beli, apakah itu keinginan atau memang sesuatu yang kamu butuhkan. Kadang, karena sudah terlalu menginginkan sesuatu, kita tanpa sadar membeli sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan, dan akan berakhir tidak terpakai atau ditempat sampah.Walaupun sesekali boleh lah membeli barang yang kamu inginkan sejak lama, tapi perhatikan pengeluaranmu ya.

Hindari pusat perbelanjaan atau online store
Saat menjelang hari raya, hampir semua pusat perbelanjaan offline maupun online berbondong-bondong memberikan diskon yang menarik minat beli para shoppers. Kalau sedang berhemat, sebaiknya hindari pusat perbelanjaan. Biasanya karena kita tahu kita punya jatah uang yang berlebih, plus diskon yang dimana-mana, pasti ingin selalu belanja.

Hindari membawa atm atau bawa uang cash berlebih 
Kalaupun kamu tidak bisa menghindari pergi ke pusat perbelanjaan, kamu bisa mensiasatinya dengan tidak membawa kartu atm atau kartu kredit, dan mencukupkan uang di dompet. Jadi kamu akan terpaksa untuk tidak membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Jadi, apa THR mu sudah turun? Jangan lupa sisihkan sedikit untuk beramal. Beramal tidak akan pernah membuatmu miskin, malah akan dilipat gandakan pahalanya.
Selamat Hari Raya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir & Batin!

Auto Post Signature

Auto Post  Signature