Top Social

30+ Tips Jalan-Jalan ke Singapura

Thursday, January 26, 2017
Buat kamu yang mau pergi liburan, sebenarnya gak harus menunggu masa liburan tiba. Cukup dengan planning yang baik dari jauh-jauh hari, liburan impianmu bisa jadi nyata lho. Nah, untuk yang tertarik dengan suasana baru, gimana kalau jalan-jalan ke luar negeri? Gak perlu jauh-jauh, negara kita cukup berdekatan jaraknya dengan beberapa negeri tetangga yang biasa jadi destinasi liburan favorit.

Ada yang berencana untuk jalan-jalan ke Singapura dalam waktu dekat ini? Nah, kebetulan, saya mau share Tips Jalan-Jalan ke Singapura, berdasarkan pengalaman. Karena poin yang di share cukup banyak, postingan kali ini akan di bagi menjadi 2 bagian. Yuk mulai!

How to Get There 
1. Sebenarnya, ada 3 cara untuk masuk ke negeri singa. Yang paling umum, kamu bisa naik pesawat dan mendarat di bandara internasional Changi. Cara lain adalah masuk dari Batam dengan ferry dari Batam Center ke pelabuhan Harbour Front Ferry Terminal di Singapura. Banyak yang memilih cara ini karena dinilai lebih menghemat pengeluaran liburan. Satu jalan lagi lewat Tanjung Pinang. Dari Tanjung Pinang kamu bisa langsung ke Singapura, masuk lewat terminal ferry di Tanah Merah Singapura.

2. Saat sudah di dalam pesawat/ferry, biasanya kru pesawat/ferry akan membagikan kartu embarkasi untuk di isi bagi mereka yang bukan warga negara Singapura. Harap di isi ya sebelum sampai di tempat tujuan, untuk menghindari repot ketika memasuki antrian imigrasi.

After Arrived
3. Saat sampai di bagian imigrasi, mengantrilah dengan tertib, jangan membuat kegaduhan kalau gak mau kena tegur officer imigrasi. Berperilaku baik, tidak sibuk menggunakan ponsel, memotret dan berdirilah di belakang garis kuning yang di sediakan sampai tiba giliranmu. Ini etika standar saat berada di antrian imigrasi. Catatan saja, bila ada yang dirasa mencurigakan oleh officer imigrasi, biasanya kamu akan digiring ke ruangan khusus. Bukan untuk menakut-nakuti, tapi ini beberapa kali terjadi, terutama bila pasportmu hanya tercantum satu kata nama. Mereka akan menanyaimu beberapa hal, jawab saja dengan tenang. Biasanya tidak lama mereka akan membiarkanmu kembali ke antrian imigrasi.


4. Pfuih, akhirnya kamu melewati antrian imigrasi. Selamat, kamu sudah resmi masuk ke Singapura. Sepanjang area ambil barang, biasanya akan ada banyak brosur tempat-tempat menarik yang wajib kamu kunjungi selama berada di Singapura. Ambil beberapa (biasanya brosur juga sudah dilengkapi map MRT), kamu akan membutuhkannya, terutama kalau kamu belum menyusun tempat yang akan kamu datangi.
Rombongan outing kantor. Banyak ibu-ibu nya..

5. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu download di ponselmu (IOS & Android) untuk membantumu selama kamu berada di Singapura. Saya merekomendasikan beberapa aplikasi berikut. Tenang saja, aplikasi ini GRATIS!
A. SG MRT (Free - Offline)


B. NextRide

C. SG Malls

6. Untuk keluar dari Changi menuju kota, ada beberapa pilihan. Kamu bisa menggunakan taxi, perlu di ingat untuk jumlah maximal penumpang per taxi. Jangan memaksakan 1 keluarga yang terdiri dari 5 orang di dalam 1 taxi kecil. Gak ada supir yang mau mengangkut lho. Kamu harus menggunakan 2 taxi, atau menggunakan taxi yang lebih besar yang kapasitasnya di atas 5 orang. Tapi dengan menggunakan taxi, tentunya kamu harus merogoh kocek extra. Nah kalau kamu on budget, kamu bisa menggunakan MRT dari Changi ke kota.

7. Buat yang berencana keliling Singapura dengan menggunakan MRT, LRT atau Bus, kamu wajib banget tahu soal ini. Singapore Tourist Pass. Sesuaikan saja dengan berapa hari kamu akan stay, 1 hari, 2 hari atau 3 hari. Untuk 3 Day Pass harganya SGD 30 (deposit 10 dollar, yang akan kembali ke kamu saat kamu mengembalikan kartunya). Kamu bebas kemanapun di Singapura menggunakan MRT dengan kartu ini. Sistemnya mirip dengan e-toll. Info lebih lanjut, kamu bisa buka di sini. 
Oh iya, catatan. Tidak semua stasiun kereta menjual kartu ini. Kamu harus cari Ticketing Office di stasiun kereta tertentu untuk membeli kartu ini, dan mereka buka dari jam 9 pagi hingga 10 malam. Untuk yang datang ke Singapura lewat Changi, kamu bisa menemukan beli tiket ini di stasiun kereta di area Changi Airports. 

8. Kalau kamu berniat untuk membeli kartu sim perdana karena kamu membutuhkan internet selama disana, ada beberapa provider yang menyediakan paket internet terjangkau untuk tourist. Provider nya ada SingTel, StarHub dan M1. Sebaiknya sih jangan membelinya di bandara, karena yang di dalam bandara agak mahal sekitar SGD 35 dan SGD 80, padahal seharusnya hanya SGD 15-18. Biasanya kartu ini dijual di gerai 7-11 atau gerai di Lucky Plaza (di Orchard). Kamu hanya membutuhkan passportmu sebagai identitas. 

Oh ya, kalau kamu datang dari pelabuhan Harbour Front, kamu bisa ke ViVo City. Biasanya di luar gate kedatangan ada beberapa counter yang jual ponsel dan aksesoris ponsel, nah mereka juga menjual sim card perdana dengan harga normal. 

9. Apabila kamu pikir kamu tidak terlalu membutuhkan mobile data, kamu bisa memanfaatkan koneksi wi-fi yang ada di beberapa tempat perbelanjaan, bahkan bandara, dengan gratis. Yang harus kamu lakukan hanya registrasi singkat dengan memasukan nomor ponselmu di indonesia, karena sistem akan mengirimkan beberapa digit angka yang harus kamu isi untuk menggunakan koneksi wifi tersebut. Atau kamu bisa menggunakan wifi pada saat kamu di hotel.

10. Untuk menghemat, ada baiknya kamu selalu membawa minum sendiri. Karena harga air mineral kemasan di sana sedikit pricey. Tapi berita baiknya, biasanya air keran di sana sudah langsung bisa di minum. 
Teman saya minum langsung dari keran khusus yang tersedia di Changi Airport

11. Perlu diingat, kamu juga kayaknya perlu nih bawa air dalam botol atau tissue basah, karena toilet di Singapura biasanya toilet kering, tidak menyediakan shower kecil untuk bilas. 

12. Sebenarnya Singapura termasuk negara yang sangat ramah untuk para wisatawan, tapi bukan berarti tanpa aturan ya. Malah, pemerintah Singapura menerapkan banyak sekali peraturan yang wajib di patuhi baik oleh warganya maupun turis yang datang. Seperti dilarang untuk buang sampah sembarangan, dilarang meludah, dilarang menyeberang sembarang tempat atau merokok (yang jelas-jelas ada tanda larangan). Dendanya bisa beragam, bisa bikin kamu miskin mendadak selama liburan. Jadi patuhi peraturannya ya supaya liburanmu bebas denda. 

13. Bagi kamu yang sering naik turun eskalator, ada peraturan tidak tertulis nih di sana. Usahakan untuk tidak berdiri diam di sisi kanan. Kalau kamu ingin berdiri diam, kamu harus berdiri di sisi kiri, karena di sisi kanan hanya diperuntukkan bagi mereka yang berjalan cepat atau buru-buru. Jadi biasakan untuk berdiri di sebelah kiri, dan berjalan cepat di sisi kanan. 

14. Budaya antri dan tertib sangat terlihat di Singapura dan para warga nya sudah terbiasa dengan pola seperti itu. Makanya, di beberapa tempat seperti tempat pemberhentian taxi, mereka terbiasa antri di tempat yang sudah di sediakan. Begitu juga di stasiun kereta. Harap berdiri antri di sisi kiri dan kanan dari pintu, jangan berdiri tepat di depan pintu. Karena kamu harus mempersilahkan orang yang mau keluar kereta dulu, baru kamu boleh masuk.
Bersabarlah menunggu di belakang garis merah, sebelum masuk ke dalam kereta. Antri no 1.

15. Pada saat kamu di kereta, berlaku baik lah. Seperti di transportasi umum lainnya, ada beberapa kursi prioritas yang di peruntukkan bagi orang-orang berkebutuhan khusus. Seperti lansia, wanita hamil, wanita dengan anak kecil, atau penyandang cacat. Berikan kursi pada mereka. Jangan bersandar pada pintu. 

Eits, tipsnya belum selesai nih. Jangan lupa untuk cek Tips Jalan-Jalan ke Singapura bagian ke 2 ya...

Auto Post Signature

Auto Post  Signature