Top Social

30+ Tips Jalan-Jalan ke Singapura : Bagian 2

Friday, April 07, 2017
Tips Jalan-Jalan ke Singapura akhirnya sampai ke bagian 2. Kalau kamu belum baca bagian pertamanya, kamu bisa cek di sini. Bagian pertama sebelumnya sudah dibahas tentang How to get there, Arrival dan beberapa hal penting yang harus kamu tahu tentang berkunjung ke Singapura.


Di bagian ke 2 ini, ada beberapa kategori yang akan dibahas, seperti Where to Stay, Where to Shop, dan Visit at Least Once. Mulai sekarang yuk!

Where to Stay
16. Sebenarnya banyak banget pilihan tempat menginap untuk kamu selama di Singapura. Dari yang super on budget sampai yang super mewah. Dari yang hotel looks banget sampai yang lebih dekat dengan warga sekitar. Kamu bisa cari dan booking penginapan melalui website-website pencarian hotel/hostel/motel ataupun tinggal di rumah penduduk sekitar. Coba cari di traveloka.com, agoda.com atau airbnb.com . Harganya bervariasi banget. Atau kamu juga bisa coba capsule boutique hotel yang budget friendly dan sedang trend.

17. Area yang ramai wisatawan untuk menginap antara lain Marina Bay, Orchard, Bugis, Bencoolen dan Sentosa. Di Marina Bay, kamu akan banyak menemukan pilihan hotel-hotel mewah dengan pemandangan dan spot-spot yang dekat dengan Merlion dan juga Marina Bay Sands. Di Orchard road juga banyak hotel yang menawarkan lokasi strategis untuk kamu langsung ke spot wisata belanja barang-barang branded. Di Bugis dan Bencoolen, kamu bisa menemukan banyak hotel-hotel yang lebih terjangkau. Untuk di Sentosa Resort, walaupun jaraknya paling jauh dengan spot strategis lain, tapi Sentosa menawarkan banyak keceriaan seperti Universal Studio.

18. Soal makanan, kamu gak perlu khawatir. Singapura terkenal akan kuliner nya yang beragam. Kamu bisa menemukan Chinese food, Malay food seperti nasi lemak, atau Indian Food seperti nasi briyani di banyak tempat. Tapi khusus kamu yang muslim, pilihan makanan halal pasti menjadi prioritas. Paling aman adalah malay food atau indian food, karena mayoritas halal.

19. Sekedar mengingatkan, ketika kamu berkunjung ke sebuah mall dan menemukan deretan restaurant di foodcourt, sebaiknya bertanya dulu apakah mereka halal atau tidak. Karena biasanya mereka mencantumkan papan tanda "No pork, No lard" bukan berarti halal ya. Biasanya restaurant yang menjual makanan halal punya stiker atau plakat tanda halal.

20. Kalau gak mau ribet, kamu bisa menemukan makanan halal cepat saji di convenience store seperti 7-11 atau Cheers. Mereka biasanya jual makanan yang bisa di panaskan dengan microwave yang tersedia dan berlogo halal. Gak hanya sandwich dan onigiri aja, tapi juga pasta, nasi kari, bahkan nasi kimchi. Atau, kamu bisa ke restaurant cepat saji seperti Burger King. Mereka punya logo halal kok.

21. Oh iya, jangan lupa untuk membawa stop kontak universal (universal socket) karena stop kontak listrik di Singapura menggunakan kaki tiga (Indonesia menggunakan kaki dua). Kalau kamu lupa atau tidak membawanya, kamu bisa beli di convenience store seperti 7-11 atau Cheers di sana.

22. Ada baiknya sebelum kamu berangkat ke Singapura, tukarkan dulu Rupiahmu ke mata uang Singapura yaitu dolar Singapura. Atau kamu bisa membawa uang dolar Amerika dan menukarkannya setelah sampai di Singapura.

Where to Shop
Bagi kamu penikmat belanja, Singapura adalah surganya. Kamu bisa menemukan barang-barang branded sampai barang-barang yang harganya lebih terjangkau. Area yang kamu bisa kunjungi untuk berbelanja salah satunya :

23. Orchard Road
Bagi pecinta branded items, kamu wajib banget kemari. Deretan mall to mall menyediakan berbagai merek yang lengkap, bikin pengalaman belanjamu lebih menyenangkan karena kamu punya banyak sekali pilihan.

24. Bugis Street
Buat pecinta barang murah meriah dan oleh-oleh khas negeri singa, kamu wajib bertandang ke tempat satu ini. Mereka menjual berbagai macam barang. Sepatu, kaos i love Singapura, gantungan kunci, coklat dari merek terkenal, bahkan tas kw anello yang sedang happening di Jepang pun kamu bisa temukan di sini dengan harga super miring. Ada beberapa barang yang kamu bisa tawar, tapi ada juga barang yang sudah harga pasti. Siap-siap menawar ya.

25. Little India / Chinatown / Kampung Glam / Mustafa Centre
Di Little India, kamu bisa menemukan berbagai pernak-pernik menarik khas bangsa India. Seperti saree India, penghias mata, sepatu, baju, aksesoris bertemakan India, dupa, emas, kain, parfum hingga penjual jasa untuk menggambar mehendi di tangan kamu. 


Chinatown
Untuk berbelanja di Chinatown, sebaiknya kamu menawar untuk mendapatkan harga yang lebih bagus. Yang suka kulineran, Chinatown adalah surganya. Harap di ingat, untuk kedai-kedai kuliner di Chinatown biasanya buka dari sore hingga malam hari.  

26. Jurong East
Coba sempatkan untuk berkunjung ke daerah Jurong East, kamu bisa nemuin banyak hal menarik, gak kalah menarik dari Orchard. Kamu bisa mengunjungi Jurong Bird Park, Science Center of Singapore dimana kamu bisa mencoba beberapa atraksi tentang ilmu pengetahuan alam, atau bisa belanja ke IM Mall dan dapetin berbagai super diskon menarik di merchant branded.

Where to Visit At Least Once
24. Mungkin ini pertama kalinya kamu datang ke Singapura, atau mungkin ini sudah kunjungan ke sekian kalinya buat kamu, tapi tetap saja ada beberapa tempat yang paling tidak wajib kamu kunjungi sekali seumur hidup saat kamu ke Singapura. Apa saja itu, yuk cek di bawah ini :

27. Merlion Park
Siapa sih yang gak kenal patung simbol dari negeri singa yang satu ini? Letaknya berada di dekat The Fullerton Hotel. Stasiun MRT terdekat untuk mencapainya adalah Raffles Place dan kamu akan keluar di gedung UOB. Setelah keluar gedung, kamu bisa belok kiri dan berjalan menyusuri sungai sampai kamu bertemu dengan The Fullerton Hotel. Untuk lengkap caranya sampai sana, kamu bisa buka di sini.




Ingat untuk bawa payung atau kacamata hitam saat berkunjung ke sana di siang hari, karena matahari akan sangat terik. Untuk berfoto, harap bersabar. Karena layaknya tempat kunjungan wisata, Merlion Park ini tidak pernah sepi. Ada 2 patung di area ini. Yang besar setinggi 8 meter dan yang kecil setinggi 2 meter.

b. Orchard Road
Seperti yang sudah di bahas di atas, Orchard Road adalah salah satu primadona belanja untuk mereka yang menyukai barang-barang bermerek. Untuk yang tidak berminat berbelanja, jangan khawatir. Orchard Road juga biasa menjadi destinasi untuk foto-foto. Biasanya pada siang menjelang sore hari, penjual one dollar ice cream atau es krim potong Singapore akan mulai berjualan. Karena pada malam hari, terutama malam minggu trotoar Orchard Road yang lebar-lebar itu sering kali di penuhi dengan para penampil kreatif. Ada yang bernyanyi, ada yang melakukan atraksi menari, yang pasti apapun untuk menarik para pengunjung. Seru!

28. Gardens by The Bay
Menurut saya, ini salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi paling tidak satu kali. Gardens by The Bay area terdiri dari beberapa bagian, mungkin kamu perlu untuk meluangkan waktu hampir satu hari untuk melihat semuanya. Jangan lupa cek website mereka di sini untuk melihat event-event menarik setiap musim. Tidak hanya melihat berbagai tanaman, kamu juga bisa menikmatinya dengan bersepeda atau menaiki shuttle service dengan SGD 3 untuk menghemat waktu. Cukup rogoh kocek SGD 28 untuk melihat semua taman, atau kamu bisa masuk gratis untuk melihat lampu-lampu cantik di Super Tree saat malam hari.





29. Art Science Museum
Tak jauh dari Gardens by The Bay, kamu bisa menemukan Art Science Museum. Isinya benar-benar seperti art meets science. Ada banyak atraksi di dalamnya. Dalam satu gedung, kamu bisa menemukan beberapa exhibition area. Museum ini buka dari jam 10 pagi hingga 7 malam, tapi pintu masuk terakhir dibuka hingga pukul 6 sore saja, jadi atur waktumu ketika akan mengunjungi tempat satu ini. Cek di sini untuk melihat atraksi apa saja yang mereka buka untuk umum.




30. Sentosa Island
Letaknya agak terpisah dari kota Singapura, tapi menawarkan keceriaan yang gak kalah seru lho. Saya sendiri belum pernah ke Sentosa karena lebih memilih pemandangan kota, tapi kamu bisa menemukan berbagai atraksi menarik di sana seperti Universal Studio, Madame Tussauds yang menampilkan wax figure artis Hollywood, Singapore Aquarium, Butterfly park & Insect Kingdom dan masih banyak lagi. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa cek di sini.

Jadi, sudah siapkah kamu memulai petualanganmu di Singapura? Jangan lupa share di bawah ya tempat mana aja yang jadi favorite kamu untuk di kunjungi di sana... Selamat berlibur! 

Auto Post Signature

Auto Post  Signature