Top Social

Jalani Asyiknya Diet Saat Bulan Puasa

Monday, June 19, 2017

Memasuki bulan puasa, tentu saja menjadi momen yang menguntungkan bagi kita, terutama saat menjalankan program diet. Selain dapat mengontrol asupan kalori setiap hari, dengan berpuasa kita bisa menghindari kebiasaan ngemil yang mengakibatkan kenaikan berat badan. Namun, meski bulan puasa bisa kita manfaatkan sebagai program menurunkan berat badan, hal ini tentu tidak mudah. Pasalnya, meskipun kita membatasi konsumsi makanan saat jam puasa, godaan hidangan buka puasa tetap menjadi godaan yang tidak bisa di hindarkan. Malah seringkali niat menurunkan berat badan saat puasa justru kandas hanya karena kita tidak bisa mengendalikan nafsu makan kita.

Bahkan saat buka puasa tiba sampai sebelum imsak, kebanyakan orang malah cenderung mengkonsumsi terlalu banyak makanan hanya untuk mengenyangkan perut tanpa menghiraukan resiko kegemukan. Hal ini sebenarnya yang patut kita waspadai. Lantas bagaimana cara turunkan berat badan di bulan puasa? Yuk simak beberapa tips diet saat bulan puasa berikut ini.

Menu Sahur Sehat dan Seimbang
Hal pertama yang harus kita perhatikan saat diet puasa adalah menu sahur. Pastikan menu sahur yang kamu santap benar seimbang dan sehat. Untuk itu hindari makanan yang terlalu pedas dan berminyak, karena menu tersebut hanya akan membuatmu sakit perut, radang tenggorokan, batuk dan sebagainya. Agar lebih aman dan sehat sebaiknya konsumsi sayur dan buah-buahan atau jika kamu ingin mengkonsumsi daging, cobalah daging tanpa lemak. Menu sehat ini tentu saja mudah diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi.

Jangan Lewatkan Makanan Sahur
Melewatkan sahur sama saja dengan menambah berat badan, karena sahur adalah asupan utama energi untuk hari tersebut. Oleh dari itu maka kamu perlu mengkonsumsi menu yang baik agar di siang hari tetap segar dan berenergi. Sebaliknya, jika kamu melewatkan makan sahur, maka tingkat metabolisme bisa melemah sehingga pembakaran lemak menjadi tidak maksimal. Di samping itu, rasa lapar juga akan menjadi pemicu kamu untuk mengkonsumsi makanan dengan jumlah lebih banyak dari biasanya.

Mencukupi Cairan Tubuh 
Selain tetap mengkonsumsi menu bergizi dan tidak meninggalkan sahur, pastikan kamu selalu mencukupi kadar cairan pada tubuhmu dengan mengkonsumsi buah maupun air mineral. Lakukan ini setelah buka puasa hingga menjelang imsak. Hal ini bertujuan agar metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini penting karena metabolisme yang baik sangat pentikng untuk menurunkan berat badan.

Perhatikan Konsumsi Gula
Mungkin waktu berbuka puasa sudah sangat identik dengan berbagai hidangan manis mulai dari kolak, sirup, kue dan makanan manis lainnya. Namun jika kamu ingin menurunkan berat badan saat bulan puasa, sebaiknya pilih rasa manis dari buah seperti kurma, pisang atau jus tanpa gula. Menu tersebut jauh lebih alami dan bernutrisi.

Memasak Makanan Sahur Sendiri 
Meskipun kamu bisa menikmati menu yang lezat saat puasa, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk memasak menu buka puasa sendiri bukan? Dengan memasak makanan sendiri, kamu bisa mengukur kebutuhan garam dan gula sesuai dengan tubuhmu. Tidak hanya itu saja, penelitian membuktikan bahwa orang yang memasak cenderung akan merasa kenyang dan sedikit mengkonsumsi makanan yang ia masak tersebut. Dengan kata lain kamu akan tetap kenyang mesti sedang berpuasa.

Tetap Aktif Beraktivitas
Wajar saja jika saat bulan puasa kamu akan mudah merasa lelah, namun jangan sampai hal ini menjadi alasan untuk melewatkan jadwal olahraga ya. Meskipun bulan puasa, kamu masih bisa mencoba olahraga ringan seperti jalan santai, sit up atau bersepeda ria di taman. Dengan kegiatan ini kamu akan tetap bisa membakar kalori dalam tubuh.

Coba lakukan tahapan di atas secara rutin selam bulan puasa berlangsung untuk mendapatkan hasil yang maksimal ya. Jika kamu bisa melakukannya dengan benar, tentu tidak mustahil jika penurunan berat badan dan tubuh ideal bisa kamu dapatkan hanya dalam hitungan minggu. Bagaimana, sudah siap menjalani program diet di bulan puasa?

Auto Post Signature

Auto Post  Signature