Top Social

A Letter to My Future-Self

Monday, July 17, 2017
Dear My Future-Self, 

First, it's me, yourself from 2017... 
How are you? How things going in year 2020 now? How's Mom and Dad, are they well? 
Are you still working in the same place with the same position (that we both know sometimes it sucks)? Have you moved on from the previous relationship or you already find the new person? I wish you are tougher than before, thing gets hard nowadays, but I believe you are in a much better place in the future.. 

Here are just some stories I want to tell, just as a reminder for you (as we both know that you have this silly 'short memory syndrome' thingy and you just forget things easily)... In this day you face few things that makes you confused. They are .... 


Oke. Opening di atas adalah potongan dari surat yang saya kirim hari ini untuk diri saya di tahun 2020 nanti. Aneh ya kalau pake bahasa Indonesia. Iya maksudnya A Letter to My Future-Self. Surat yang kita tulis sekarang (dengan email) dan kita akan terima di masa depan. Tergantung kita sih, bisa dari 2 minggu ke depan atau bahkan 10 tahun nanti. Menarik bukan?

Nah, pernah gak kamu nulis di buku diary tentang keseharian kamu hari ini, dan kamu baru buka suatu hari di masa mendatang, misal kayak 5 tahun kemudian. Nah, ternyata banyak website yang menyediakan jasa gratis mengirimkan surat kita ke masa depan. Sistemnya, kita nulis draft surat yang kita mau kirim, masukkan email orang yang di tuju (bisa diri sendiri, bisa juga untuk orang lain) dan tanggal pengiriman, dan website tersebut akan menyimpan surat kita di server mereka sampai tiba waktunya kita nerima surat tersebut.

Saya pernah baca entah dimana, ada orang tua yang membuat sebuah alamat email untuk anaknya sebagai hadiah ulang tahun, dan sudah terisi email-email dari mereka, yang suatu saat bisa di buka oleh si anak. Jadi suatu hari di masa depan, kita dapat surat dari masa lalu. Asik ya?

Untuk yang mau coba, ini ada beberapa website yang boleh ditengok...

Letter To My Future Self - A Free email scheduling service

Future Me
Di website ini, selain kamu bisa memilih suratmu untuk bisa di baca oleh orang lain (public) atau hanya kamu yang tahu isinya (private). Makanya, kamu bisa ikut membaca surat yang orang lain kirimkan. Mungkin malah nemu inspirasi dari sana. Plus, kalau kamu ngerasa website itu worth it, kamu bisa ikutan donasi juga untuk mendukung websitenya terus berkembang. Tinggal klik ke menu bar Donate!

Letter 2 Future - Send a letter to yourself and receive it in the future
Di website ini ada 2 pilihan surat yang bisa kamu kirim. Kamu gak akan dikenakan biaya sepeser pun untuk email yang kamu kirim. Tapi kalau kamu mau surat dengan kertas, mereka akan charge $5.99 per surat. Seperti website-website di atas, kamu perlu tulis draft suratmu, lalu masukkan waktu kapan kamu akan terima (dari 1 bulan sampai 10 tahun mendatang), dan biarkan waktu yang akan menjawab. Hahaha. Uniknya lagi, kamu bisa baca surat-surat yang orang lain kirim, ada yang dari negeri sendiri ataupun dari negara lain.


More Love Letters
Tujuan mereka simple yaitu membuat kembali cinta terkenal. Bukan, bukan si Cinta AADC, tapi cinta secara universal. Yang harus di lakuin adalah mengirimkan surat cinta untuk total strangers, setiap 2 minggu. Di welcome page, mereka akan minta kamu masukkin alamat emailmu, jadi kamu bisa menerima pemberitahuan kapan dan kemana surat itu akan kamu kirim. Kalau dari yang sudah-sudah sih sepertinya ini surat fisik. Organisasi ini mengumpulkan surat-surat dari seluruh dunia untuk orang yang mereka tunjuk (kita juga bisa memberikan nominasi kepada orang-orang tertentu dan special untuk mendapatkan paket berisi surat-surat cinta tersebut). Karena cinta itu universal, dan semua orang pantas mendapatkannya.


Postcrossing - Send a postcard to a stranger in other side of the world, and get one in return
Kalau yang ini mungkin kamu sudah pernah dengar. Bukan nerima surat dari masa depan, tapi kartu pos dari orang asing di seluruh dunia. Di coba deh. Saya pernah coba dan sudah pernah dapat surat dari orang-orang di beberapa negara. Rasanya seru, kayak dapat kejutan. Setiap kali habis mengirimkan kartu pos untuk orang lain, gak sabar buat dapat balasan dari orang lain lagi. Kita juga bisa request kartu pos seperti apa yang kita mau. Bisa banget lho dibuat untuk mengkoleksi kartu pos dari negara-negara lain di luar sana.


Jadi, sudah ada yang mulai menulis draft untuk surat di masa depan?
Yuk, nulis surat lagi.. Good luck!
 

Auto Post Signature

Auto Post  Signature