Top Social

Penyebab Kanker Rahim dan Cara Penanganan yang Tepat

Tuesday, January 09, 2018

Tahukah kamu, kalau bulan Januari dikenal sebagai bulan kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya kanker rahim? Dan faktanya, tiap wanita di dunia punya resiko terkena kanker rahim!

Mengetahui informasi seputar penyebab kanker rahim merupakan hal wajar yang dapat dilakukan oleh semua wanita di dunia. Kanker yang satu ini menyerang sel-sel pada dinding rahim telah banyak menelan korban jiwa dan dapat menyebabkan kematian, maka dari itu ketahui kanker rahim sejak dini.

Gejala yang paling umum terlihat ketika seseorang mengalami kanker rahim adalah terjadinya pendarahan pada vagina. Untuk mereka yang sudah masuk ke fase menopause dan mengalami pendarahan di vagina, inilah salah satu ciri-ciri terjadinya kanker rahim pada seorang wanita. Jika kondisi tersebut terjadi, berkonsultasi dan melakukan pengobatan medis merupakan cara penanganan yang tepat agar kanker rahim tidak semakin parah kondisinya.

Hingga saat ini, penyebab dari kanker rahim belum diketahui dengan pasti. Kalau diperhatikan dengan seksama, kanker rahim bisa terjadi akibat tidak seimbangnya kandungan hormon esterogen di dalam tubuh. Wanita yang punya jumlah kandungan hormon esterogen yang tidak seimbang, punya resiko yang jauh lebih besar untuk terserang kanker rahim. Meskipun begitu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan terjadinya kanker rahim untuk sebagian wanita, diantaranya :
  • Menstruasi yang terlalu dini 
  • Menopause yang lambat 
  • Berat badan yang berlebih atau obesitas 
  • Memiliki penyakit diabetes
  • Melakukan terapi pergantian hormon
  • Penggunaan tamaksifen (obat untuk mengurangi resiko kanker payudara) dalam waktu yang panjang
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penyebab dari kanker rahim masih belum diketahui secara pasti. Penyebab dari kanker rahim dalam penjelasan di atas tidak dialami oleh semua orang. Hanya beberapa orang tertentu yang mengalami penyebab tersebut hingga munculah kanker rahim pada leher rahim mereka. Sebagai pencegahan dini dari kanker rahim, kita bisa menjaga berat badan dan meperbanyak mengkonsumsi kedelai dan tidak menggunakan pil KB dalam jangka yang panjang. Hal ini merupakan kebiasaan baik yang dapat dilakukan untuk menghindari terserang penyakit kanker rahim.

Jika penderita kanker rahim telah memasuki stadium yang parah, kemoterapi merupakan cara pengobatan yang dapat dilakukan oleh penderita kanker rahim. Cara tersebut tentunya hanya dapat dilakukan oleh penderita setelah berkonsulatsi dengan dokter. Itulah penjelasan mengenai penyebab kanker rahim dan cara menanganinya.

Meta desc : penyebab kanker rahim belum dapat diketahui dengan pasti. Kemoterapi merupakan penanganan kanker rahim yang tepat.

Auto Post Signature

Auto Post  Signature