Top Social

Jalan-Jalan Ke Museum Tekstil di Tanah Abang

Wednesday, March 14, 2018

Minggu lalu, saya dapat kesempatan untuk mendampingi para alumni Rumah Batik milik YCAB (Yayasan Cinta Anak Bangsa) jalan-jalan ke Museum Tekstil Jakarta. Jakarta punya museum tekstil? Tentu punya. Buat yang belum tau, museum tekstil itu letaknya di sebelah Tanah Abang.

Ini kali ke 2 saya ikutan volunteering bareng YCAB. Buat yang mau ikutan berbagi waktu dengan volunteering, kamu bisa mulai daftar dulu di websitenya Indorelawan.org dan bisa pilih langsung kegiatan sesuai dengan hal yang kamu suka. Saya berkenalan dengan YCAB juga dari situ.

Sabtu pagi, Museum Tekstil sepi pengunjung. Hanya ada kami ber 9 (2 orang dari YCAB termasuk saya dan 7 alumni Rumah Batik), dan beberapa tamu turis asing. Di gedung pertama yang kami kunjungi, kita langsung disajikan dengan alat-alat pembuatan kain secara tradisional, khususnya untuk daerah Tuban dan penjelasan mengenai Dialog Kain.



Menarik sekali melihat bagaimana kapas dipintal menjadi serat benang, yang nantinya menjadi kain yang seperti kita pakai sekarang. Karena museum tekstil menjelaskan tentang pembuatan secara tradisional, maka masih ada alat dari kayu untuk memintal serat kapas dan alat tenun tradisional. Bahkan canting dan lilin pun ada untuk motif dan pewarnaan.

museum-tekstil-tenabang-fiennanurhadi


Itu kami, mencoba berpose sedikit sebelum pindah ke Gallery Batik yang letaknya ada di samping gedung ini. Mereka ini alumni Rumah Batik Pekalongan, calon-calon pengusaha batik.


Oh iya, di Gallery Batik Museum Tekstil gak cuma mendisplay beragam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia lho, tapi juga menyediakan kursus kilat membuat batik dengan menggunakan canting. Harganya juga terjangkau banget. Untuk turis lokal, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 40 ribu dan untuk turis luar negeri sebesar Rp 70 ribu. Murah banget kan?

Sebenarnya ingin mencoba, tapi waktunya gak cukup. Jadi mungkin lain kali saya akan datang lagi dan mencoba sendiri sensasi ngebatik.





Tur kali ini di akhir dengan berfoto di depan Gallery Batik. Untuk yang mau kesana, bisa dengan kendaraan umum maupun transportasi online. Yang mau bawa mobil pribadi juga bisa, karena area parkir yang luas.

Buat yang mau ke sana, ini alamat Museum Tekstil Jakarta :
Jl. Aipda Ks Tubun Raya No 2-4 RT/RW 04/02
Kota Bambu Selatan - Palmerah. Jakarta Barat - DKI Jakarta 11420

Jam buka Selasa-Minggu 9AM - 3PM. Hari Senin libur ya..
No telp : 021 5606613

Yuk ramaikan museum sebagai tempat untuk belajar sekaligus mengenal budaya kita sendiri!
Selamat berlibur!

Auto Post Signature

Auto Post  Signature