Top Social

Rekomendasi : 5 Film & Buku untuk Weekend ini!

Thursday, November 29, 2018
Day 10!

Another top 5 post! Entah kenapa, saya selalu suka menulis dengan style 5 top atau 10 top (saya biasa menyebutnya listicle), rasanya lebih mudah kalau semuanya dibuat dalam bentuk list baik berurutan maupun tidak. Kali ini diminta untuk nulis sekaligus review pendek tentang 5 film, buku maupun musik. Tapi untuk postingan yang ini, saya hanya akan bahas film dan buku ya, untuk musik kita simpan ceritanya lain kali.

1. Film : Dear Zindagi 

Rekomendasi pertama di postingan ini adalah film India, yes Bollywood, judulnya Dear Zindagi. Karya Gauri Khan dan Karan Johar. Udah gak perlu di raguin lagi sih kalau Karan Johar yang buat. Di bintangi oleh the legend Shah Rukh Khan dan Alia Bhatt. Film ini masih terbilang baru, dan mungkin gak banyak yang tau ataupun suka. Ini salah satu film favorite saya, selain karena pemainnya, tapi juga tentang jalan ceritanya. Ada perasaan hangat, haru dan menyenangkan setelah nonton film ini. Tahun lalu saya pernah buat reviewnya, jadi bisa klik di atas untuk baca.

Menceritakan tentang Kaira, seorang camera-woman yang smart, pindah ke Goa karena pilihan. Bertemu dengan seorang psychologist 'Jug'. Karena merasa dirinya punya masalah, Kaira mulai memulai terapi bersama Jug. Jug membantunya menemukan kembali arti hidup yang selama ini sempat hilang dari dirinya.
 

Buat saya, film ini membuat kita lebih menghargai hidup. Menyapa kembali kehidupan, seperti arti dari judulnya Dear Zindagi - Dear Kehidupan. Coba tonton deh pada saat kamu lagi ngerasa down, butuh support, butuh ngelihat hidup dari perspektif yang berbeda. Karena pastinya di beberapa titik hidup kita pasti pernah ngerasa kayaknya semuanya berantakan, ngerasain apa yang Kaira rasakan. Makanya kita bisa banget relate sama film ini.

2. Film : Ki and Ka


Okay. Apa jadinya kalau sepupu Kapoor dipertemukan dalam sebuah film dan berakting jadi pasangan. Ini sih keren banget. Siapa juga yang gak kenal Kareena Kapoor? Pecinta film Bollywood pasti pernah nonton aktingnya di film lawas bareng sama Shah Rukh Khan, Kabhi Kushi Kabhi Gham. Di film Ki & Ka ini, Kareena Kapoor beradu akting sama sepupunya, Arjun Kapoor. Personally, saya nonton ini awalnya karena Arjun Kapoor nya sih. Well, I love this guy! 

Ki & Ka bercerita tentang Kia (Kareena Kapoor) dan Kabir (Arjun Kapoor) sebagai pasangan muda yang menikah dan bertukar peran dalam pernikahan, berbeda dengan standar sosial kehidupan di India. Maksudnya, sang istri yang biasanya tinggal dan mengurus rumah, kali ini justru yang mengejar karir. Sementara sang suami, mengurus rumah dan menjadi bapak rumah tangga. Film ini menceritakan pertemuan mereka, alasan kesibukan mereka, alasan di balik Kabir yang memang bercita-cita menjadi bapak rumah tangga (sambil mendukung karir sang istri) sementara Kia bekerja kantoran dan sangat mencintai karirnya. Konflik bermula ketika  Kabir menjadi terkenal dan sibuk dengan kegiatannya, muncul rasa iri dari diri Kia atas pencapaian sang suami.

Buat saya pribadi, film ini cukup keren, walaupun ya itu tadi, sedikit bertentangan dengan norma pada umumnya, dan ungkapan kalau wanita tidak perlu mengejar karir terlalu tinggi toh setelah menikah hanya akan mengurus rumah tangga. Film ini nunjukkin tentang kesetaraan gender, baik pria maupun wanita bisa sukses di bidangnya masing-masing. Kedua peran dalam rumah tangga (siapa yang mencari nafkah dan siapa yang mengurus rumah) itu sama-sama penting, dan dibutuhkan support satu sama lain agar semuanya berjalan baik. Film wajib nonton sih buat siapapun yang suka film India, atau masih skeptis tentang kesetaraan gender dan ungkapan "udah deh, cewek itu kodratnya ngurus rumah aja kalau udah nikah!"


3. Film : Yeh Jawaani Hei Dewaani 

Film Bollywood ke 3 yang mau saya rekomendasiin kali ini juga pernah saya tulis sebelumnya, bisa di klik di atas ya yang belum baca. Monggo...

Fun fact, Ranbir Kapoor dan Deepika Padukone pernah pacaran sebelum film ini ada. Jadi semacam reunian sama mantan sambil main film. But anyway, their chemistry was great on this movie! Film ini adalah paket lengkap bercerita tentang persahabatan, keluarga, percintaan dan sedikit komedi. Kalau kamu pernah jatuh cinta sama sahabatmu sendiri, film ini mungkin cocok buatmu. Saya nemu artikel fakta yang film ini ajarkan tentang cinta, persahabatan dan kehidupan, kalian bisa baca di sini.

Bercerita tentang hubungan antara Naina (Deepika Padukone) dan Bunny/Kabir (Ranbir Kapoor) yang bertemu saat melakukan trip bareng bersama teman-teman Bunny saat berlibur. Tak disangka perjalanan itu membawa cerita dan membuat mereka bersahabat. Melanjutkan hidup masing-masing setelah trip berakhir, dan mereka bertemu kembali saat salah satu di antara mereka menikah.

Film ini bakal bikin kamu kangen temen-temen lama. Feeling nostalgic nya dapet banget. Kayak saya tadi bilang, paket lengkap. Siap-siap di bawa baper, kangen, haru dan happy di akhir cerita. Psst, lagu-lagu nya juga asik kok di dengar berulang-ulang. Baca review yang pernah saya tulis di sini.

4. Buku : Lala Bohang - The Book of Forbidden Feelings 


Ada yang lagi patah hati gak? Saya mau nunjukkin nih buku puisi dalam bahasa Inggris yang oke banget buat kamu yang lagi patah hati. Percaya deh, abis baca buku ini hati kamu bakalan berasa hancur lebur jadi pasir, tapi habis itu ngerasa jauh lebih lega. Saya bisa bilang, buku ini salah satu yang terbaik untuk memporak-porandakan hati. Ada banyak ilustrasi yang gak sepenuhnya saya mengerti, tapi tulisannya dibuat sedetail mungkin, dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Wah gila sih, saya gak ngerti lagi gimana caranya sebuah buku bisa bikin perasaan jungkir balik. Lala Bohang menjelaskan perasaan kita dengan detail yang mengagumkan. Setiap sisi di bahas, dan bikin kita bilang atau paling gak ngebatin, "Wah ini asli sih bener banget" atau "Wah nangis nih bentar lagi..."

Kalaupun kamu gak lagi patah hati, buku ini wajib banget jadi koleksian sih. Siapa tau ada yang butuh, tinggal di sodorin. Saya juga udah pernah nulis review nya, di sini. This one is the must have book for your heart, my dear. 

5. Buku & (soon to be) on cinema : Ika Natassa - Antologi Rasa

 

Okay last book that I want to recommend to you to read, on this post. Antologi Rasa dari Ika Natassa. Belum pernah dengar atau belum pernah baca? Kemana aja, hey! Novel yang satu ini keren banget (ya iyalah, kalau gak keren gak akan saya rekomendasikan juga), bercerita tentang dilema persahabatan sekaligus percintaan antara Harris - Keara - Rully - Denise. Kalau kamu pikir cinta segitiga udah rumit, ini segi 4. Harris, si playboy kelas kakap Jakarta yang diam-diam lalu terang-terangan jatuh cinta pada sahabatnya sendiri Keara. Dimana Keara memendam perasaan cintanya pada sahabatnya, Rully, sementara pria itu diam-diam mencintai Denise walaupun Denise sudah milik pria lain. Voila, ribet! Tapi Ika sukses menjabarkan perasaan masing-masing karakter secara jelas, tanpa tumpang tindih satu sama lain. 

Di buku ini juga kamu bakal kecanduan sama quotes-quotes yang keluar dari setiap karakater. Jago banget ka Ika berperan sebagai setiap karakter, dan membuat mereka terasa hidup. I love this book that much, you know. It reminds me of my own-personal story, since I love my best friend too (oppss!). So, yeah, I can relate with the story. 

Siap-siap baper dan susah move on setelah baca buku yang satu ini. Dan siap-siap baper di bioskop karena Ika Natassa siap membawa buku ini ke layar lebar di 14 Februari 2019!!! Argghhh, I really can't wait to see these characters finally come alive on cinema! Ini bukan pertama kalinya buku Ika Natassa mampir ke bioskop, karena kemaren buku Critical Eleven sudah duluan, dan sukses nyihir banyak penonton dan pecinta bukunya terhanyut dalam cerita dan New York. Saya jamin, film yang di adaptasi dari buku Ika kali ini, Antologi Rasa juga akan menyihir team Harris - Keara - Rully sih.. 
Yang belum baca, monggo baca dulu bukunya, jangan beli yang bajakan. Sambil kita menanti filmnya rilis 2 bulan lagi. 

"If you make a gir laugh, she likes you. 
But if you make her cry, she loves you" 
- Harris - 

"I know I deserve better. But my fvcked heart and mind keep telling me that I don't want better"
- Keara - 

"What if a man that you love, you find a best friend instead of a lover?" 
- Keara - 

"The more you make me suffer, the more I find I love you"
- Harris - 

"Karena kecanggungan tidak pernah ada di antara dua orang yang tidak ada apa-apanya. 
So, maybe there's something between us?" 
- Antologi Rasa -

                        

Share dong favorite kamu yang mana? Boleh share juga tentang buku atau pun film favorite mu, siapa tau saya belum nonton/baca..
See you on the next post!

Auto Post Signature

Auto Post  Signature