Top Social

Saatnya Personal Branding

Thursday, November 22, 2018

image by unsplash.com

Day 3, yes!!!

Mumpung mood lagi oke, ayo nulis lagi. Day 3 ini Blogger Perempuan ngasih challenge buat kita nulis tentang Kenapa Memilih Nama Blog yang Sekarang Digunakan? Hm.. Setiap nama itu punya asal-usul yang panjang, pastinya. Dari milih nama anak, nama produk bahkan sampai nama blog sekalipun. Dan saya tentunya punya alasan khusus kenapa akhirnya saya memilih nama yang sekarang saya gunakan untuk blog pribadi ini, dan ada cerita panjang di belakangnya..

Sebenarnya, blog ini bukan blog pertama yang saya buat (saya pernah cerita ini sebelumnya). Untuk nama blog-blog sebelumnya, jujurnya gak ada yang saya inget. Blog ini pun nama awalnya adalah cerita si peri hutan. Saya menamakan diri saya sebagai peri hutan yang sedang merantau di hutan antah berantah bernama Malaysia. Iya, ini efek senang membaca cerita fantasi. Saya membuat blog ini karena rasa kesepian dan rasa kangen akan rumah, Indonesia, ketika kuliah jauh. Rasa kesepian itu emang gak enak banget, makanya menulis jadi salah satu obatnya.

Tapi tahun berlalu, dan setelah lulus saya harus kembali ke Indonesia. Saat itu udah mulai jarang nulis. Saya gak pernah hapus isi tulisan di blog ini, paling hanya ada beberapa penyeseuaian aja. Lambat laun nama cerita si peri hutan kayaknya udah gak cocok lagi untuk saya pribadi, makanya saya mulai mencari nama lain untuk dipakai. Saya lupa tepatnya kapan akhirnya saya memilih nama sendiri untuk jadi nama blog ini. Alasannya apalagi kalau bukan untuk branding diri sendiri.

Saar di Malaysia dulu, saya selalu memperkenalkan diri kepada orang lain dengan nama Fienna Nurhadi. Fienna berasal dari nama depan saya (kependekan dari Arfienna), sementara Nurhadi adalah nama belakang Ayah dan nama mendiang Opa saya. Banyak dari sepupu-sepupu saya saat itu memakai nama Nurhadi di belakang nama mereka, untuk menghormati Opa dan keluarga kami juga. Buat saya, setiap orang pasti punya nama panggil, nama alias atau bahkan nama panggung yang mereka perkenalkan kepada publik, dan buat saya nama itu ya Fienna Nurhadi.

Banyak juga toh penulis-penulis atau blogger yang menggunakan nama pribadi sebagai nama blog nya. Sehingga orang jadi lebih mudah mengenal kita. Beruntungnya, nama ini belum ada yang pakai saat saya mendaftar. Makanya, kalau kamu ketik 'Fienna Nurhadi' di Google Search, udah pasti muncul paling atas halaman pertama. Sampai ada teman yang tanya saya bayar berapa untuk bisa dapet di halaman pertama kayak begitu. Hahaha. Ini gak ada banyak apa-apa, dari awal nya juga sudah begini. Makanya, saya gak mau banget ngelepas alamat blog ini. Nah personal branding gak hanya dari nama blog aja, tapi itu juga merembet ke alamat email, sampai ke id sosial media yang saya punya (Instagram, Twitter, Youtube, Facebook Page).


Buat saya pribadi sih, personal branding itu penting banget. Udah saatnya kita mulai ngebangun personal branding. Ada beberapa keuntungan kenapa kita harus punya personal branding :
  • Meningkatkan kepercayaan diri sendiri
  • Sebagai alat pembeda diri kita dengan orang lain
  • Menambah value diri di mata orang lain
  • Untuk memperluas jaringan dan koneksi 
  • Orang lain lebih mudah mengenal kita 
Yuk, saatnya mulai membangun personal branding sendiri!
See you on the next post!

Auto Post Signature

Auto Post  Signature