Top Social

5 Cara Lebih Sehat!

Saturday, December 01, 2018
Hm Day 12. Jujurnya saya agak bingung pas baca tema tentang tips hidup sehat ala saya dari Blogger Perempuan untuk #BPN30DayChallenge2018. Rasanya pola hidup saya masih jauh dari sehat. Makan aja kadang masih suka telat jauh banget, jarang olahraga, dan masih cinta banget sama junk food. Saya kagum sih sama keteguhan niat orang-orang yang mengusung hidup sehat selagi muda, ngegym udah kayak rumah ke dua. Hebat! Walaupun di panduan hidup sehat manapun, gak ada sih tuntutan harus banget ngegym. Kalau liat mereka, ada yang diet mati-matian demi kurus, ada yang niat banget gak ketemu gula dan karbohidrat selama sebulan demi badan ideal. Wow!

edited on canva.com
Walaupun saya gak ngikutin cara mereka, tapi sebenarnya udah dari beberapa tahun lalu saya nerapin 5 hal ini buat bikin badan setingkat lebih sehat dari pada sebelumnya. Hidup sehat itu hasilnya emang gak akan kerasa langsung instant kayak bikin mie, tapi kalau gak mulai dari sekarang, mau kapan lagi kan?

Nah setiap orang punya cara masing-masing untuk mengatur pola hidup dan menjadikan dirinya lebih bugar. Cara saya kira-kira seperti ini :

1. Sebisa mungkin usahakan hindari soda dan lebih pilih air putih, teh atau jus segar (bukan jus kemasan ya). Jus kemasan punya kadar gula yang banyak banget. Kalau jus segar, at least kamu bisa pantau atau takar seberapa banyak gula yang kamu mau, atau bisa diganti dengan madu. Buah tanpa gula sebenarnya sudah punya pemanis alami kok. Nah kenapa jangan soda? Mungkin ada yang pernah baca atau lihat efek soda pada tulang kita dan kandungan gula nya yang berlebih. Jauh jauhhhhh banget dari sehat. Kalaupun kamu mau, bisa tetap minum tapi di kurangi jumlahnya. Saya sendiri punya alasan pribadi kenapa tidak memilih soda. Saya tidak suka rasanya di lidah, dan saya punya scoliosis di tulang belakang. Ini pun gak ngaruh secara langsung sih, tapi saya lebih baik menghindari sih daripada mengobati lagi. Jadi, pilihan air putih, teh ataupun jus segar jelas lebih baik bukan?

2. Ganti roti putih dengan gandum dan kurangi porsi nasi putih.
Kenapa kurangi nasi putih? Padahal nasi putih kan sumber karbohidrat. Betul, tapi kalau kebanyakan biasanya akan bikin ngantuk, apalagi buat mereka yang harus kerja lagi setelah makan siang. Pas saya masih ngantor, ini nih yang selalu saya hadapi, rasa kantuk menyerang setelah jam makan siang. Jadinya bikin badan mager dan pengennya tidur aja. Menurut artikel di Hello Sehat yang saya kutip, ngejelasin kalau setelah kita makan karbohidrat pada nasi, tubuh kita bereaksi dan membutuhkan tenaga yang besar untuk memproses komponen karbohidrat. Nah proses ini bisa memicu peningkatan gula darah dalam tubuh. Supaya kadar gula gak terlalu banyak dalam tubuh, organ pankreas lantas menghasilkan hormon insulin. Dari proses yang ada munculah hormon yang di sebut seratonin dan melatonin. Kedua hormon ini yang biasanya memunculkan rasa mengantuk. Dimana Seratonin bikin kita ngerasa tenang dan nyaman, sementara melatonin sendiri hormon yang di produksi agar tubuh bisa beristirahat. Gak heran kan setelah makan nasi biasanya kita merasa mengantuk, apalagi kalau kita makan banyak sekali nasi dalam porsi kita.

Nah kenapa dengan roti putih jadi gandum? Kalau yang ini sih alasan pribadi sih.. Entah kenapa saya lebih suka rasa dan banyak nya serat pada gandum dari pada roti putih biasa. Dan rasa setelah itu di perut juga lebih nyaman. Banyak artikel yang nyebutin juga kok kalau gandum jauh lebih sehat dari pada roti putih. Ada yang pernah baca?

pic from unsplash.com
3. Perbanyak gerak dan jalan kaki. Ini penting banget nih untuk selalu melatih otot tubuh kita supaya gak mudah kaku atau pegal. I know, i know, kesannya omong kosong banget. Tapi ini beneran lho, kalau banyak jalan bikin kita lebih sehat dan gak gampang cape. Contoh simple nya gini deh. Pernah gak kalian jarang jalan kaki, terus tiba-tiba pergi liburan ke luar kota dan mengharuskan kita jalan rada jauh dari satu tempat ke tempat lain? Rasanya gimana, cepet ngerasa jompo gak kakinya? Ini pengalaman saya banget. Pas masa Asian Games kemaren, terbiasa jalan kaki banyak banget, sehari bisa lebih dari 10 ribu langkah, kalau di ukur bisa mungkin lebih dari 10 km!! Gimana cara ngukurnya? Gampang! Install steps tracker aja di ponsel mu. Tapi setelah masa Asian Games berakhir, saya balik ke kebiasaan awal, jarang jalan kaki. Makanya waktu ke Jepang kemarin, jalan sebentar aja rasanya udah ngos-ngosan. Beda sama mama saya yang jauh lebih kuat, padahal kalau dari umur beliau jelas lebih tua. Rahasia nya apa? Ya apalagi kalau bukan kebiasaan jalan pagi. Katanya gak usah lama-lama, minimal 30 menit aja tapi rutin setiap hari atau setiap beberapa hari sekali. Itu bikin otot kaki jauh lebih kuat.

4. Kurangi konsumsi gula harian. Ternyata tubuh punya batas maksimal nerima kandungan gula lho. Selain itu, saat kita konsumsi karbohidrat, itu pun sudah bisa mengubahnya menjadi gula. Kalau kesulitan, coba dengan mengurangi jumlah gula saat memesan minuman instan seperti bubble tea, atau minum kopi tanpa gula, mengganti gula pada teh dengan madu. Selain gak sehat untuk tubuh kalau terlalu banyak, bisa juga bikin kita terkena diabetes. Bahaya banget lho itu. Yuk kurangi konsumsi gula berlebih, supaya badan lebih sehat.

pic from unsplash.com
5. Terakhir! Biasanya saya selalu sedia telur, susu, bijirin sereal, buah dan es krim / yogurt di kulkas untuk persiapan lapar tengah malam. Beberapa jenis makanan di atas mungkin mengandung banyak gula dan bukan termasuk makanan sehat, tapi jelas lebih baik dari pada harus nyeduh mie instan atau pesan junk food saat tengah malam lapar, atau kita cari cemilan. Kita bisa potong buah, makan dengan sereal dan susu atau yogurt. Atau mungkin rebus telur dan minum segelas susu hangat. Lebih sehat kan?

Nah itu tadi 5 tips sehat ala saya yang mungkin bisa kalian ikuti juga. Jangan lupa untuk share kalau di rasa bermanfaat. Yeay hidup lebih sehat sedari muda!
See you on the next post!

Auto Post Signature

Auto Post  Signature